8 Cara Buat Memakai Adobe Photoshop

Adobe Photoshop merupakan pelaksanaan penyunting grafis yang dipakai di berbagai jenis profesi, termasuk desain grafis, fotografi, & pengembangan web. Bahkan, para pengguna komputer tempat tinggalpun mampu memakai Photoshop buat membangun karya seni dan menyesuaikan foto. Saat kali pertama memakai Photoshop, Anda akan mengalami kurva pembelajaran lantaran terdapat beragam peralatan & fitur yg dimiliki acara tersebut. Artikel wikiHow ini akan mengajarkan pada Anda dasar-dasar Adobe Photoshop—cara menciptakan gambar, menggunakan peralatan menggambar dan melukis, bermain menggunakan rona, dan menciptakan majemuk penyesuaian dalam gambar.

Buka Photoshop dalam komputer. Aplikasi ini sanggup Anda temukan di menu “Start” Windows atau folder “Applications” dalam personal komputerMac. Photoshop akan menampilkan halaman sambutan sehabis dibuka.

Klik Create new. Opsi ini berada dalam panel kiri. Jendela “New Document” akan dibuka & Anda bisa menyesuaikan ukuran kanvas awal dalam jendela tadi.Jika Anda menggunakan versi lamadari Adobe Photoshop yg tidak menampilkan atau memiliki page sambutan, klik hidangan “File” & pilih “New” buat membuat gambar baru.Jika Anda ingin membuka gambar yg telah ada menurut komputer, pilih “Open” buat menelusuri berkas.

Tentukan dimensi kanvas yg dibentuk. Kanvas ini akan sebagai area kerja & Anda wajibmembuatnya pada ukuran yg diinginkan. Ada baiknya Anda mengawali menggunakan templat atau preset dokumen kosong yg Anda sanggup telusuri menggunakan tab pada permukaan jendela. Templat-templat ini dikelompokkan menurut jenis gambar & memuat opsi-opsi berukuran & resolusi paling generik buat beragam jenis proyek.Sebagai contoh, jika Anda ingin membuat gambar berukuran A5 buat dicetak, klik tab “Print” & pilih “A5”.Anda juga mampu menyesuaikan dimensi & resolusi gambar secara manual menggunakan panel “Preset Details” di sisi kanan.

See also  Cara Merakit Personal Komputer

Ubah resolusi gambar. Resolusi memilih banyaknya piksel pada satu inci persegi gambar. Makin poly jumlah piksel dalam area tadi, makin kentara detail gambar. Jika Anda memilih templat dokumen kosong, jaga resolusi supaya tetap sama, kecuali Anda memang perlu menetapkannya pada besaran yg sudah pasti. apabila Anda berencana mencetak gambar dan sebelumnya tidak memilih templat berdasarkan kategori “Print”, naikkan resolusi gambar sebagai minimal “220 ppi” (atau “300 ppi” buat output terbaik).[1]Opsi “300 ppi” merupakan resolusi cetak bawaan/utama Adobe.Makin tinggi jumlah piksel per inci (ppi), makin akbar pula ukuran berkas yg dihasilkan. Berkas-berkas yg akbar membutuhkan tenaga proses yg lebih akbar menurut komputer dan memakan ketika yg lebih usang buat diunduh. Oleh karena itu, jangan gunakan opsi “300 ppi”, kecuali bila Anda memang berencana mencetak gambar yg dibuat.Resolusi web standar adalah “72 ppi”. Saat menciptakan gambar buat diunggah ke internet, berfokuslah dalam dimensi (tinggi dan lebar), alih-alih resolusinya (ppi). Peningkatan resolusi ke opsi pada atas “72 ppi” untuk gambar-gambar berbasis web tidak akan menciptakan perubahan ketika gambar ditampilkan di peramban web.Pilih resolusi yg Anda ingin pertahankan. Anda tidak dapat meningkatkan resolusi gambar pada lain waktu tanpa mengurangi kualitas gambar.

Tentukan mode warna gambar. Mode warna memilih perhitungan dan penayangan warna. Pilih templat atau preset buat memilih mode rona secara otomatis. Namun, Anda mungkin perlu mengubahnya, tergantung pada konten yg akan dibuat. Mode rona adalah pengaturan yg Anda masih sanggup ubah sesudah gambar diciptakan, tanpa risiko atau konsekuensi yang serius.”RGB Color” merupakan mode rona baku. Mode ini cocok buat gambar-gambar yg akan dipandang di personal komputer , serta sebagian akbar dokumen cetak.”CMYK Color” erupakan mode rona umum yang lain, tetapi umumnya hanya digunakan buat dokumen cetak. Ada baiknya Anda membuat gambar pada mode RGB terlebih dahulu, lalu mengonversinya ke mode CMYK sebelum mencetaknya lantaran personal komputersecara otomatis akan menampilkan warna-rona RGB.”Grayscale” merupakan opsi lain yg relatif umum dan cocok dengan namanya. Alih-alih mendapatkan majemuk pilihan warna, Anda hanya akan menggunakan berbagai corak abu-abu.Pada mode warna apa pun, making tinggi sapta atau jumlah bit, makin banyak rona yang sanggup ditampilkan. Tetapi, peningkatan jumlah bit akan menaikkan berukuran berkas sebagai akibatnya hanya pakai bilangan yg lebih tinggi apabila sahih-benar dibutuhkan.

See also  Membuat Robot Sederhana Dengan Arduino Dan Ultrasonik, Lengkap Dengan Pengujian Dan Coding Nya

Pilih latar belakang gambar. Opsi ini secara generik menentukan apakah kanvas awal Anda mempunyai warna solid atau transparan.Kanvas putih, yg merupakan opsi bawaan buat sebagian akbar proyek akan memudahkan Anda buat mengetahui langkah atau karya yg sedang dibentuk.Kanvas transparan memudahkan Anda buat menerapkan impak dan menghasilkan gambar-gambar web tanpa latar (mis. buat ikon atau stiker).Anda mampu mengawali proyek dengan latar belakang transparan, lalu mewarnainya menggunakan putih. Anda pula sanggup membuat elemen-elemen gambar lain pada layer terpisah di atas latar. Saat nanti Anda menghapus latar belakang putih, Anda akan mendapatkan latar belakang transparan dan hasilnya pun akan sama bagusnya.

Klik Create buat menciptakan gambar. Anda akan dibawa ke ruang kerja Photoshop dan bisa melihat kanvas yg dibuat.

See also  Membuat Robot Sederhana Dengan Arduino Dan Ultrasonik, Lengkap Dengan Pengujian Dan Coding Nya

Cari panel “Layers”. apabila Anda tidak menemukan panel bernama “Layers” pada pojok kanan bawah ventilasi Photoshop, tekan tombol “F7” pada kibor untuk menampilkannya. Layer (lapisan) memungkinkan Anda buat memisahkan aspek-aspek atau elemen-elemen gambar, termasuk filter & perubahan warna menjadi bagian-bagian yg dapat disunting secara terpisah. Penyuntingan dalam satu layer hanya akan memengaruhi layer terpisah (meskipun mode-mode layer dapat memilih hubungan antar-layer). Layer ditempatkan secara bertumpuk buat membangun gambar akhir, dan Anda mampu membarui susunan, menggabungkan, atau menyesuaikan setiap layer sesuai kebutuhan.Saat membuat atau membuka gambar baru, Anda akan mempunyai satu “layer”—layer “Background” atau latar. Amati layer bernama “Background” dalam panel “Layers”.

Klik tombol “New Layer” untuk menciptakan layer baru. Tombol ini ditandai sang ikon persegi kecil menggunakan tanda tambah pada dalamnya, pada bagian bawah panel “Layers”. Sekarang, Anda akan melihat layer baru bernama “Layer 1” di atas layer “Background”.Cara lain menciptakan layer baru merupakan menggunakan mengeklik hidangan “Layer”, memilih “New”, dan mengeklik “Layer”. Saat membuat layer baru dengan metode ini, Anda akan diminta memberi nama layer dan memilih beberapa parameter yg akan berguna sesudah Anda mempelajari lebih jauh tentang Photoshop.Cara ketiga membuat layer baru adalah dengan menekan tombol ”Shift” + “Command” + “N” pada personal komputerMac, atau ”Shift” + “Control” + “N” dalam PC.Anda sanggup menampilkan atau menyembunyikan layer dengan mengeklik kotak yang ditandai oleh ikon mata pada samping layer yang bersangkutan.